Jumat, 04 September 2009

Excel 2007: Membuat dropdown list

Setelah sempat bingung memulai dari mana, akhirnya saya putuskan untuk posting dengan tips seputar office dulu. karena bagaimanapun aplikasi ini masih merupakan mayoritas untuk menangani pekerjaan sehari-hari.
Dalam beberapa kasus pekerjaan dengan menggunakan excel, terkadang kita memasukan data yang sama berulang-ulang. jika dianggap lebih mudah dengan menggunakan menu dropdown maka dapat digunakan cara mudah berikut:
  1. buat list data dimanapun yang penting tidak masuk dalam ruang cetak. dan beri nama pada list tersebut untuk memudahkan langkah selanjutnya.

  2. Pilih Cell yang akan dibuat dropdown list.
  3. Pilih tab menu data --> data validation, gunakan "list" untuk isian "allow", dan untuk "source" isikan dengan tanda "=" diikuti nama pilihan list yangtelah dibuat. contoh disini diisikan dengan =warna.
  4. dropdown kini siap digunakan, isikan data hanya dengan memilih menggunakan tanda panah kecil disamping cell. untuk memperbanyaknya cukup copy cell tersebut dan paste-kan di tempat yang dikehendaki.
Demikian, tips yang umum digunakan namun mudah-mudahan memberikan manfaat.
 

2 komentar:

  1. trm kasih atas info nya,..mengingatkan pelajaran wkt sekolah yang sudah terlupakan karena tdk digunakan dlm kseharian,...

    BalasHapus